Minum Teh Pakai Madu Atau Gula Pasir, Mana yang Lebih Sehat ?

Minum Teh Pakai Madu Atau Gula Pasir, Mana yang Lebih Sehat ?


Teh manis ialah minuman kesayangan sejuta umat. Mau yang dingin atau panas, selera tiap orang tentu berbeda. Termasuk pemanis yang digunakan. Ada orang yang minum teh manis gunakan gula pasir putih biasa, dan terdapat pula yang gunakan madu sebab katanya lebih sehat. Nah, kira-kira mana yang sebenarnya lebih sehat dipakai sebagai pemanis teh?

Plus minus minum teh manis gunakan madu

Madu ialah cairan manis yang didapatkan oleh lebah dari nektar bunga. Kandungan utama madu yakni air dan gula alami yang pun terkandung dalam gula pasir biasa, yakni fruktosa dan glukosa.

Namun andai digali lebih dalam lagi, madu diperkaya oleh sebanyak nutrisi urgen yang diperlukan oleh tubuh. Mulai dari vitamin B, vitamin C, asam amino, sederet enzim, mineral laksana magnesium dan kalium, sampai antioksidan flavonoid.

Berbagai nutrisi ini lantas memunculkan sekian banyak manfaat madu untuk kesehatan tubuh. Misalnya, memerangi peradangan dalam tubuh, mempercepat pengobatan luka, melegakan tenggorokan yang kering dan gatal dampak batuk, serta mengurangi risiko alergi makanan.

Jika hendak memaniskan teh gunakan madu, usahakan pastikan guna memilih madu mentah yang berwarna agak gelap dan teksturnya lebih kental. Madu mentah lazimnya berisi lebih tidak sedikit nutrisi, enzim, dan pun antioksidan yang dapat menguntungkan tubuh.

Terlebih, madu ialah sumber karbohidrat perumahan yang tidak mudah dibagi oleh tubuh sampai-sampai tidak mendongkrak gula darah secepat gula pasir biasa. Artinya, madu dapat meluangkan energi untuk tubuh yang lebih bertahan lama dari gula pasir. Nilai glikemik madu lazimnya berada salah satu 45-64.

Di sisi lain, kalori yang terdapat di dalam madu memang lebih tinggi daripada gula. Sebagai perbandingan, satu sendok teh gula berisi 49 kalori sedangkan satu sendok teh madu selama 64 kalori.

Plus minus minum teh manis gunakan gula pasir biasa

Gula pasir tercipta dari ekstrak tebu. Sebagai bahan pemanis, gula putih tergolong sumber karbohidrat yang tinggi kalori. Asupan kalori tinggi dapat menolong tubuh memproduksi energi guna Anda beraktivitas.

Namun demikian, energi yang disediakan oleh gula tidak dapat bertahan lama. Pasalnya, gula ialah karbohidrat simpel yang nilai glikemiknya sangat tinggi salah satu semua makanan berkarbohidrat. Dari rentang skor 0-100, nilai IG gula pasir ialah 100. Semakin tinggi nilai glikemik sebuah makanan, semakin cepat pula makanan tersebut mendongkrak gula darah. Peningkatan gula darah berikut yang menjadi sumber energi utama untuk tubuh.

Di sisi lain, karbohidrat simpel dari gula paling mudah dibagi sehingga gula darah juga dapat langsung cepat menurun drastis sejumlah saat sesudah makan. Itu mengapa Anda sangat gampang merasa lemas dan mengantuk setelah banyak sekali makan gula.

Dalam jangka panjang, eskalasi gula darah dampak konsumsi gula berlebih dapat dominan buruk untuk kesehatan. Di antaranya menciptakan gigi bolong sampai memicu diabetes dan penyakt jantung. Terlebih, gula pasir tidak berisi gizi atau nutrisi apa pun.

Jadi, lebih sehat yang mana?

Sebelum menyimpulkan teknik minum teh mana yang lebih sehat, pahami dulu bahwa baik madu dan gula tetap sama-sama sumber karbohidrat. Dalam batas normal, asupan karbohidrat yang memadai tidaklah berbahaya. Yang jadi masalah ialah ketika dikonsumsi secara berlebihan.

Baik tersebut gula pasir atau madu, dua-duanya sama-sama tinggi kalori. Mengonsumsi karbohidrat dan kalori terlalu tidak sedikit dalam jangka panjang dapat menambah risiko masalah kesehatan laksana berat badan berlebih, penambahan kadar gula darah, sampai risiko terkena sekian banyak penyakit.

Apa juga jenis pemanis teh Anda, Kementerian Kesehatan lewat eksemplar pedoman Angka Kebutuhan Gizi-nya telah memutuskan batas maksimum asupan gula/pemanis untuk masing-masing orang Indonesia ialah 50 gram gula atau setara dengan 5-9 sendok teh per hari.

Sementara guna total kalori dari makanan dan minuman, AKG Kemenkes memberi batas wanita dewasa umur 16-30 tahun guna mendapatkan selama 2.250 kalori per hari, sementara lelaki dewasa dengan rentang usia sama memerlukan sekitar 2.625-2.725 kalori per hari.

Oleh sebab itu, baik minum teh manis gunakan madu atau juga gula biasa kita tetap perlu arif menyesuaikan porsi takarannya supaya tidak melebihi batas yang sudah ditentukan. Dengan begitu, Anda dapat menjaga kesehatan dengan lebih baik.
Baca selengkapnya »
Berikut Ini Kata-Kata Motivasi Yang Bisa Membuat Bahagia Dan Tetap Semangat

Berikut Ini Kata-Kata Motivasi Yang Bisa Membuat Bahagia Dan Tetap Semangat


Sesuatu hal yang dapat memicu semangat menjadi lebih bangkit itu bisa terjadi melalui kata-kata bijak, atau yang biasa kita sebut dengan kata-kata mutiara. Pada dasarnya, kata bijak tersebut memang bertujuan untuk memotivasi orang lain maupun memotivasi dirinya sendiri agar merasa bahagia dan tetap semangat. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang kumpulan kata-kata bijak yang dapat membuat bahagia dan tetap semangat, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini : 

1. Kesederhanaan merupakan awal kebahagiaan, sedangkan ketamakan merupakan awal penderitaan. 

2. Kebahagiaan yang sempurna tercermin dari orang yang sederhana tetapi bisa membuatmu menjadi lebih istimewa. 

3. Kebahagiaan bukanlah milik orang yang hebat dalam segalanya, tetapi kebahagian mililk orang yang bisa temukan hal sederhana dalam hidupnya dan penuh rasa syukur. 

4. Orang yang hebat itu sederhana dalam ucapan, namun sangat luar biasa dalam tindakkan. 

5. Dalam cinta jika kamu terlalu mencari yang sempurna, kamu hanya akan menunda kebahagiaan yang seharusnya bisa kamu dapatkan dari kesederhanaan. 

6. Jika cinta itu terlihat rumit maka tinggalkanlah, karena sesungguhnya cinta itu sangat sederhana. 

7. Keinginanku sederhana, yaitu ingin selalu melihat ibu tersenyum dan kebahagiaan akupun akan terasa sempurna jika alas an dibalik senyuman ibu adalah karena aku. 

8. Kesederhanaan itu membuat hidup semakin mudah. 

9. Bahagia itu sederhana. Berjuanglah jika itu memang pantas diperjuangkan. Dan tinggalkanlah jika itu memang pantas untuk ditinggalkan. 

10. Motivasi itu sederhana. Apa yang bisa membuatmu semangat untuk memulai melakukan sesuatu., itulah motivasi. 

11. Apalah artinya kemewahan, jika ada yang sederhana tetapi bisa membuat bahagia. 

12. Resep keharmonisan itu sederhana, salah satunya adalah tidak mengungkit masalah dan kesalahan yang lalu. 

13. Kebahagiaan itu bukan milik mereka yang hidup dalam kemewahan, tetapi milik mereka yang hidup dalam kesederhanaan dan penuh rasa syukur. 

Itulah beberapa kumpulan kata bijak yang dapat membuat anda bahagia dan tetap semangat.
Baca selengkapnya »
Waspada!!!, Gejala Infeksi Jamur Vagina yang Harus Anda Tau

Waspada!!!, Gejala Infeksi Jamur Vagina yang Harus Anda Tau


Dikutip dari WebMD, selama 75 persen perempuan dapat merasakan infeksi jamur vagina minimal satu kali dalam hidupnya. Ini dengan kata lain Anda pun bisa berisiko terpapar infeksi jamur vagina, atau bahkan terbius bahwa kita sedang mengalaminya. Coba perhatikan, apakah Anda merasakan salah satu atau fenomena infeksi jamur vagina inilah ini?

Berbagai fenomena infeksi jamur vagina

Sensasi tidak nyaman dan gatal vagina ialah gejala infeksi jamur vagina yang sangat umum. Namun, urusan ini seringkali disertai dengan fenomena lainnya yang meliputi:

1. Vagina terasa paling gatal

Sebagian perempuan terkadang merasakan vagina gatal karena sekian banyak penyebab, salah satunya sebab infeksi jamur vagina. Bedanya, rasa gatal di organ intim Anda bakal terasa paling mengganggu dan menciptakan Anda tidak tahan hendak menggaruknya.

Namun, segatal apa juga vagina Anda, tidak boleh sekali-kali menggaruknya. Ini melulu akan semakin mengiritasi lapisan vagina yang lunak.

2. Keputihan yang menggumpal

Keputihan ialah hal yang normal dirasakan oleh seluruh wanita, terlebih menjelang haid. Namun hati-hati, keputihan yang tidak normal dapat menjadi fenomena infeksi jamur vagina, lho!

Pari Ghodsi, M.D., seorang dokter kandungan sekaligus pakar kesehatan perempuan di Los Angeles, mengungkapkan bahwa keputihan sebab infeksi jamur vagina ingin berbentuk bongkahan (menggumpal) berair serupa keju cottage, berwarna kekuningan atau kehijauan, dan menerbitkan bau tak sedap.

3. Nyeri ketika buang air kecil

Jangan sepelekan ketika Anda merasa sakit ketika buang air kecil. Di samping menjadi tanda infeksi jamur vagina, ini juga dapat jadi sinyal infeksi drainase kencing sampai penyakit kelamin.

4. Sakit perut unsur bawah

Wanita dapat merasakan kram perut di unsur bawah ketika terkena infeksi jamur vagina. Gejala ini tentu bertolak belakang dengan kram perut menjelang haid. Bedanya, sakit perut ini terjadi terus-terusan dan tak kunjung hilang meskipun kita sudah mengupayakan istirahat.

5. Bibir vagina berwarna kemerahan dan bengkak

Cobalah ambil kaca kecil dan arahkan pada vagina Anda. Perhatikan, apakah bibir vagina dan vulva terlihat kemerahan atau bengkak? Jika ya, dapat jadi Anda terpapar infeksi jamur vagina.

6. Sakit saat bersangkutan seks

Tidak melulu mengganggu kesehatan, infeksi jamur vagina pun membuat hubungan seksual kita jadi tidak nyaman. Pasalnya, vagina bakal terasa panas sehingga mengakibatkan sakit saat bersangkutan seksual.
Baca selengkapnya »
Tips Berbelanja Online dengan Aman Saat Merayakan Harbolnas

Tips Berbelanja Online dengan Aman Saat Merayakan Harbolnas


Kecanggihan teknologi saat ini membuat masyarakat semakin mudah untuk melakukan berbagai macam transaksi maupun berbelanja. Tanpa harus mengeluarkan tenaga untuk berbelanja ke mall maupun menghabiskan waktu lama dijalan. Kini setiap orang bisa berbelanja dengan mudah dirumah melauli ponsel atau gadgetnya. 

Harbolnas atau hari belanja online nasional sebentar lagi akan datang. Salah satu online shop yang mengikuti harbolnas adalah Harbolnas 2018 BLANJA.com. Terdapat berbagai macam produk yang dijual Harbolnas 2018 BLANJA.com. Bagi kalian yang mencari toko online terpercaya saat Harbolnas. Kalian bisa berbelanja di Harbolnas 2018 BLANJA.com. 

Saat ini berbelanja online adalah salah satu gaya hidup masyarakat modern. Sebab dengan belanja online banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan. Dari mulai waktu belanja yang bisa dipangkas menjadi lebih pendek (lebih cepat), biaya untuk transportasi juga bisa ditekan (ongkir untuk olshop jauh lebih hemat daripada transportasi belanja offline) dan juga banyak produk ecer yang bisa dibeli dengan harga grosir. Bagi kalian yang hobi berbelanja bisa mengikuti Harbolnas 2018 BLANJA.com. Terdapat pilihan produk yang kalian butuhkan serta diskon hingga 90% di Harbolnas 2018 BLANJA.com. 

Tips berbelanja dengan aman saat harbolnas yang pertama adalah teliti alamat toko online. Sebuah toko online terpercaya biasanya melampirkan alamat fisik atau minimal nomor telepon yang bisa dihubungi. Anda dapat menghubungi nomor yang tertera untuk memastikan keasliannya, lalu tanyakan kepada mereka tentang cara toko online melayani komplain maupun pengembalian barang. Harbolnas 2018 BLANJA.com memiliki alamat yang jelas dan lengkap serta tertera nomor maupun link untuk pembeli jika melakukan complain atau memiliki pertanyaan. 

Tips berbelanja dengan aman saat harbolnas selanjutnya adalah dengan tidak sembarangan memberikan informasi pribadu. Ketika akan melakukan transaksi pembelian, biasanya Anda harus mengisi beberapa data yang diperlukan seperti nama dan alamat. Seringkali, sebuah toko online juga akan berusaha mendapatkan informasi lebih yang akan digunakan sebagai strategi meningkatkan penjualan, seperti gaya hidup hingga pemasukan tahunan. Tetapi tenang saja, jika kalian berbelanja di Harbolnas 2018 BLANJA.com. Kalian tidak akan ditanyakan pertanyaan pribadi lebih yang akan membuat kalian curiga dan merasa terganggu.
Baca selengkapnya »
Tas Bagi Penggemar Berat Mie Instan

Tas Bagi Penggemar Berat Mie Instan


Sekilas tas ini serupa seperti mie instan. Namun, ketika disaksikan lebih dalam, tas ini tercipta dari sekian banyak bahan menarik yang serupa dengan mie asli.

Mie instan selalu unik selera nyaris setiap orang. Bisa dibilang mie instan merupakan, 'Makanan Sejuta Umat'. Hampir seluruh orang gemar mencicipi mie instan.

Setelah kemarin netizen disuguhkan tas dengan desain bungkus mie instan, sekarang ada tren tas mie yang tidak kalah menarik. Tas berbentuk kepingan mie instan ini, tadinya diunggah oleh seorang netizen asal Indonesia, melewati akun Instagram @agungwirawan100.

Terlihat seorang perempuan tengah membawa kepingan mie instan berukuran besar. Baru di potret selanjutnya memperlihatkan, bahwa kepingan mie instan tersebut adalahtas menarik yang dapat untuk membubuhkan ponsel sampai dompet.

Ternyata tas mie ini sudah viral di media sosial, seorang netizen asal Russia tadinya mengunggah tiga potret dari tampilan tas mie ini. Foto ini langsung menemukan respon dari semua netizen di dunia. Setidaknya potret tas mie ini sukses mendapatkan 28.837 retweet, dan digemari lebih dari 15.340 orang.

Setelah dicari lebih lanjut, ternyata tas menarik ini adalahsalah satu karya kepunyaan seorang accessories designer, asal Rotterdam, Belanda. Dengan nama akun Rommy de Bommy, sang designer menjual tas mie dan sejumlah produk tas menarik lainnya, di akun Etsy miliknya.

"Tas mie ini diciptakan 100% memakai tangan. Sangat realistis, suatu karya seni. Terbuat dari foam yang kuat. Saya jamin, tas ini akan unik perhatian di masing-masing acara yang kita datangi," tutur sang designer.

Selain tersebut tas ini pun dilengkapi dengan tali rantai berwarna emas, serta ruang yang lumayan luas untuk membubuhkan ponsel, kartu, dan uang. Untuk menemukan tas mie kekinian ini, Anda mesti rela merogoh kocek sebesar $199.40 (Rp. 2.791.000,) belum termasuk biaya kirim dari Rotterdam.

Tidak melulu tas mie saja, designer ini pun handal menciptakan tas format permen, es krim, croissant, dan jenis makanan lainnya yang tak kalah menarik.
Baca selengkapnya »
Penyebabnya Angin AC Mobil Tak Terasa Lagi

Penyebabnya Angin AC Mobil Tak Terasa Lagi


AC mobil menjadi penunjang kenyamanan untuk penumpang atau pengemudi ketika berkendara. Apalagi untuk wilayah perkotaan yang macet dan panas laksana Jakarta, AC mobil mesti tetap menunjang kenyamanan.

Terkadang, AC mobil suka tidak dingin lagi sesudah lama dipakai. Jika blower AC diset dengan kecepatan tinggi dan AC tidak terasa, bisa jadi masalahnya terdapat di filter kabin.

"Kadang-kadang bila mobil baru, anginnya 1 udah kencang banget. Tapi lama-lama dipakai, anginnya 1 kayak nggak terdapat anginnya," kata Departement Manager Denso Sales Indonesia, Reinard Winardi belum lama ini.

Berdasarkan keterangan dari Reinard, AC yang tidak dingin tidak jarang kali menjadi keluhan. Kalau angin yang dikeluarkan blower-nya telah tidak terasa, kita perlu memeriksa filter kabin. Ada kalanya filter kabin teratur diganti.

"Kalau udara yang terbit dari grille outlet telah mengecil, tersebut masalahnya hanya satu, ganti filter AC," ucap Reinard.

Reinard mengatakan, filter kabin tidak dianjurkan untuk dimurnikan atau disemprot. Kalau telah kotor, usahakan filter kabin diganti saja.

"Filter sebab bahannya kertas, kalau dimurnikan fungsi penyaringannya menurun. Kalau penyaringannya menurun faedah filter nggak terdapat gunanya," katanya.

Berapa lama filter kabin diganti? Reinard menyinggung penggantian filter kabin tergantung dengan pemakaiannya.

"Tapi saya suggest 6 bulan sekali anda ganti. Murah kok, selama Rp 50 ribu. Rp 50 ribu namun nyaman anda gunakan," katanya
Baca selengkapnya »
Fobia dan Trauma Bedanya, Meski Sama-Sama Bikin Ketakutan

Fobia dan Trauma Bedanya, Meski Sama-Sama Bikin Ketakutan


Fobia dan trauma sama-sama memunculkan rasa khawatir dan pun takut. Kedua situasi ini pun sama-sama menimbulkan kecemasan yang benar-benar tidak nyaman. Lantas, bagaimana teknik membedakannya?

Apa tersebut fobia?

Fobia ialah reaksi ketakutan berlebih, tidak terkendali, dan tidak masuk akal disertai dengan kemauan kuat guna menghindari benda, orang, aktivitas, tempat, dan kondisi tertentu. Orang dengan fobia seringkali menyadari betul bahwa ketakutannya tidak masuk akal namun ia tidak dapat melakukan apa-apa guna mengatasinya.

Fobia seringkali diakibatkan oleh kejadian tertentu yang akhirnya menimbulkan ketakutan berlebih di lantas hari. Namun, tak melulu itu, hal genetik dan lingkungan pun dapat mengakibatkan seseorang merasakan fobia.

Apa tersebut trauma?

Dikuti dari American Psychological Association, trauma ialah respon emosional terhadap sekian banyak peristiwa yang menakutkan laksana kecelakaan, kekerasan, pemerkosaan, atau bencana alam yang pernah dialaminya. Biasanya situasi ini langsung dirasakan tepat sesudah kejadian.

Trauma memunculkan efek dan reaksi jangka panjang laksana emosi yang tidak bisa diprediksi, bayang-bayang akan kejadian masa kemudian yang menakutkan, dan gejala jasmani seperti sakit kepala sampai mual. Orang yang merasakan trauma tak jarang mengalami kendala untuk melanjutkan hidupnya pulang normal laksana sedia kala.

Lantas, apa bedanya takut dengan trauma?

Meskipun sama-sama menyebabkan kegelisahan dan ketakutan berlebih, takut dan trauma memiliki sejumlah perbedaan yang lumayan mendasar.

Menurut fenomena yang ditimbulkannya
Meskipun takut dan trauma sekilas tampak serupa, tetap ada sejumlah perbedaan yang mendasarinya.

Gejala fobia

  • Gagap
  • Pusing atau kliyengan
  • Mual
  • Berkeringat
  • Denyut jantung bertambah cepat
  • Sesak napas
  • Gemetar
  • Sakit perut
  • Memiliki kegelisahan berlebih

Gejala trauma

  • Syok
  • Insomnia atau sering memiliki mimpi buruk
  • Mudah kaget
  • Denyut jantung meningkat
  • Linglung dan susah konsentrasi
  • Mudah marah dan sensitif
  • Memiliki kegelisahan dan ketakutan berlebihan
  • Merasa kecil hati dan putus asa
  • Merasa bersalah, malu, dan menyalahkan diri sendiri
  • Menarik diri dari lingkungan sekitar
Meskipun penyebab dan fenomena trauma secara beragam, namun ada sejumlah gejala dasar yang dapat Anda perhatikan. Orang yang mempunyai pengalaman traumatis akan terlihat terguncang dan kehilangan arah. Mereka bisa jadi tidak menanggapi pembicaraan seperti yang seharusnya. Di samping itu, korban trauma seringkali mengalami kegelisahan yang berlebih nyaris di sepanjang waktu.

Sedangkan pada fobia, fenomena tersebut tidak hadir terus menerus, melainkan melulu pada ketika seseorang merasakan situasi atau mendatangi sesuatu urusan yang dirasakan fobia.

Kemunculan gejala

Orang yang takut terhadap sesuatu melulu akan mengalami sekian banyak gejalanya andai melakukan kontak dengan sumber fobia. Pada beberapa orang yang merasakan fobia lumayan parah, melulu dengan memikirkan sumber takut bahkan bisa membuatnya merasa panik dan ketakutan.

Sementara pada trauma, seringkali kenangan dan benak ini tidak jarang kali melekat tanpa dapat dilepaskan. Setiap hari Anda dapat terbayang-bayang kejadian buruk yang pernah kita alami dan akhirnya tidak jarang kali diselimuti ketakutan serta kegelisahan sehingga kualitas hidup Anda juga menurun.

Namun, berhadapan langsung dengan kejadian yang mengingatkan kita pada trauma bakal memperparah fenomena yang bakal muncul.
Baca selengkapnya »
Home