Sejarah dan Popularitas Jaket Bomber dari Masa ke Masa

Siapa yang tak kenal dengan jaket satu ini, jaket bomber dengan tampilan sedikit menggembung dan saat ini diminati baik oleh pria mau pun wanita. Meski pada awalnya kemunculannya, jaket bomber justru hanya dikenakan oleh para pilot pesawat tempur Amerika Serikat pada perang dunia pertama. Nama bomber sendiri diambil dari kata bombardier yang merupakan tugas para pilot pesawat tempur yaitu mengebom musuh dari atas. 

Sejarah Jaket Bomber 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jaket bomber dulunya hanya digunakan oleh para pilot pesawat tempur. Jaket ini diproduksi khusus untuk pilot agar mampu melindungi mereka dari udara dingin saat berada di dalam kokpit. 

Pada saat perang dunia pertama, tepatnya September 1917, pihak angkatan udara AS mendistribusikan jaket kulit khusus pilot dengan desain ritsleting menutupi hingga ke atas, kerah tinggi, bagian pinggang ketat sehingga memberikan kesan menggembung dan dilengkapi beberapa rumbai berbulu. 

Ketika perang dunia kedua, Leslie Irvin adalah orang pertama yang mendesain dan memproduksi jaket khusus penerbangan dari kulit domba. Pada tahun 1926, ia mulai mendirikan perusahaan di Inggris yang menjadi pemasok utama jaket penerbangan secara ekslusif untuk Royal Air Force 

Saat perkembangan teknologi penerbangan makin maju, pengoperasian ketinggian pesawat pun semakin meningkat hingga 25.000 kaki. Hal ini menyebabkan suhu di dalam kokpit pesawat bisa turun hingga -50 derajat Celsius. Pada saat seperti itulah pilot membutuhkan jaket bomber tebal yang mampu melindungi mereka dari hawa dingin. 

Model Jaket Bomber dari Waktu ke Waktu 

· Bomber A-1 

Jaket ini dikeluarkan secara resmi oleh US Army Corps pada 1917. Bahan flight jacket A-1 ini terbuat dari kulit dan didaulat sebagai jaket bomber resmi penerbangan militer. Desain jaket bomber satu ini memiliki kancing untuk bukaan bagian depan dan pada bukaan saku. Bagian kerah terbuat dari bahan rajutan dengan kancing tertutup. Terdapat manset di bagian tangan dan karet pada pinggang. 

· Bomber G-1 

Model jaket bomber ini diluncurkan pada saat perang dunia kedua dan digunakan oleh angkatan darat, angkatan laut, dan penjaga pantai AS. Sedangkan untuk angkatan udara, jaket ini dikenal dengan nama flight jacket A-2. Meski begitu, jaket bomber berbahan kulit dengan kerah bulu ini mulai popular dan lebih dikenal secara luas setelah dikenakan dalam film Top Gun oleh si pemeran utamanya, Tom Cruise. Jaket bomber G-1 ini adalah jaket yang paling bersejarah dan terkenal di Amerika. 

· Bomber B-15 

Jaket bomber satu ini terbuat dari bahan nilon yang didesain dengan kerah dari wool dan sedikit lapisan bulu. B-15 dilengkapi dua saku miring pada bagian depan dan saku kecil pada lengan, penutup ritsleting serta manset juga karet pada bagian pinggang. 

· Bomber MA-1 

Model jaket bomber satu ini awalnya terbuat dari katun, namun selanjutnya diganti dengan nilon berkualitas tinggi. Jaket ini merupakan pengembangan dari B-15 dengan mengganti kerah wool berlapis bulu menjadi bahan karet. 

Deskripsi Jaket Bomber Produk Blibli.com 


Berikut ini deskripsi singkat produk jaket bomber Blibli.com yang selalu menampilkan gaya berkualitasnya di setiap produk. Salah satunya jaket keren Fashion satu ini, 

· Berbahan taslan mayer 

· Jaket bomber dengan long sleeves 

· Desainnya trendy dengan warna navy yang menawan 

· Cocok digunakan pada cuaca apa pun karena kelebihan windproof dan waterproofnya 

· Detail baju didesain dengan zipper opening, ribbed cuff dan hem button atau kancing kemeja, saku menyamping dan zipper pada lengan 

Produk keren di atas bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi situs jual beli online terpercaya di Indonesia, Blibli.com dan dapatkan penawaran terbaik lainnya. 

Demikian penjelasan singkat mengenai sejarah dan perkembangan jaket bomber dari waktu ke waktu serta deskripsi singkat salah satu produk jaket yang semoga bisa jadi referensi Anda saat berbelanja nanti. Semoga bermanfaat. 


Sejarah dan Popularitas Jaket Bomber dari Masa ke Masa