Begini Cara Aman Mengendarai Mobil Matic

Popularitas mobil matic di masyarakat kini semakin tinggi. Kemudahan mengendarai mobil matic membuat banyak orang lebih memilih meninggalkan mobil manual dan beralih ke mobil matic. Apalagi untuk mereka yang lebih suka pada hal-hal praktis dan mudah, mobil matic menjadi jawabannya. 
Namun, meskipun cara mengendarai mobil matic lebih mudah kamu juga tetap harus berhati-hati. Apalagi bagi mereka yang terbiasa mengendarai mobil manual kemudian beralih ke mobil matic. Tentu akan terasa sangat cangggung dan perlu waktu untuk beradaptasi. 

Akan jauh lebih mudah bagi mereka yang sebelumnya tidak mengendarai mobil manual dan langsung berlatih menggunakan mobil matic. Dengan begitu, ia akan lebih cepat menguasai cara mengendarai mobil matic dengan lancar. 

Tips Aman Berkendara dengan Mobil Matic 

Bagi kamu yang masih menjadi pengendara pemula mobil matic, kamu harus sangat berhati-hati. Bukan hanya keselamatan diri sendiri yang menjadi tanggung jawabmu namun juga keselamatan orang lain. Berikut akan dibahas beberapa tips aman berkendara menggunakan mobil matic : 

1. Mulai belajar dengan memahami posisi serta urutan tuas transmisi yang tepat. Jika sudah paham di luar kepala, kamu pasti lebih mudah untuk mengendarai mobil. 

2. Latihlah kaki untuk menggunakan dua pedal. Hal ini penting sekali dilakukan untuk kamu yang sebelumnya sudah terbiasa untuk mengendarai mobil manual dengan tiga pedal. Jika sebelumnya kaki kiri dipakai untuk menginjak kopling maka ketika menggunakan mobil matic berlatihlah untuk membebaskan kaki kiri tersebut. 

3. Ketika berhenti entah karena macet atau karena terhalang lampu merah, kamu harus memindahkan tuas transmisi pada posisi N atau netral. Sangat tidak disarankan untuk memposisikan tuas pada posisi D sambil menekan rem karena tindakan ini bisa menyebabkan beban mesin bertambah dan karet mounting mesin transmisi bisa rusak. 

4. Ketika dalam posisi akan mundur, kamu harus memastikan mobil dalam keadaan berhenti terlebih dahulu. Jika kamu langsung memindahkan tuas dari posisi D ke R tanpa menghentikan mobil maka bisa terjadi hentakan. Jika terjadi terus menerus maka kondisi ini bisa membuat mesin jadi tidak responsif. 

5. Jangan lupa untuk selalu menginjak pedal rem saat akan memindahkan posisi tuas transmisi. Kerusakan mekanis bisa saja terjadi jika kamu tidak menginjak rem ketika akan melakukan perpindahan tuas transmisi. 

6. Jika mobilmu sudah dilengkapi dengan mode Economis atau Power maka gunakan mode tersebut sesuai kebutuhan. Jika sedang macet maka kamu bisa memilih mode economis untuk lebih menghemat biaya BBM. Sedangkan mode power bisa memungkinkan mobil melaju lebih cepat. 

7. Terdengar sepele, namun penting sekali untuk mengatur posisi di dalam mobil senyaman mungkin. Atur posisi tempat duduk dan kenyamanan di dalam mobil sehingga kamu bisa lebih berkonsentrasi untuk melaju di jalan raya. 

Satu hal yang pasti, ketika akan berkendara menggunakan mobil matic, usahakan untuk selalu berhati-hati dan waspada dengan kondisi di sekitar. Pastikan kamu fokus dan tidak terdistraksi dengan hal-hal yang lain. Tidak perlu terburu-buru apalagi jika kamu masih pemula. 

Tetap tenang menjadi kunci utama ketika akan berkendara. Tak perlu panik meskipun kamu masih tergolong pemula. Asalkan sudah tahu posisi tuas transmisi dan perpindahannya, kamu bisa langsung praktik dengan nyaman. 

Penasaran ingin langsung mencoba mengendarai mobil matic? Kamu bisa menemukan mobil matic yang pas dengan kebutuhanmu di Mobil88. Mobil88 menyediakan beragam pilihan mobil bekas berkualitas yang bisa membantu memenuhi kebutuhanmu.

Begini Cara Aman Mengendarai Mobil Matic
  1. Terima kasih atas infonya sangat bermanfaat, ditunggu info bermanfaat selanjutnya. Jangan lupa kunjungi website kami juga ya di http://miniconstore.com/
    semoga sukses selalu :)

    BalasHapus