Hujan Ancam Dinding Rumah, Begini Cara Antisipasinya

Indonesia akan dilanda musim hujan yang lebat. Bukan melulu mengancam situasi lingkungan dengan banjir yang sering kali menghantui penduduk Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya, tetapi air hujan pun akan berdampak fatal untuk rumah terutama dinding yang dilapisi cat andai tidak diantisipasi dengan baik.

Dikutip dari laman Lamudi, air hujan yang berisi asam tinggi bisa merusak unsur cat pada dinding rumah andai terkena secara terus menerus. Salah satunya akan menciptakan cat menjadi mengelupas, bahkan andai dinding tidak dipedulikan lembab terus menerus akan menciptakan cat menjadi berjamur.

Khusus guna cat eksterior rumah, ternyata mengasuh cat guna bagian eksterior lokasi tinggal tidak semudah yang dibayangkan, sebab berada di luar lokasi tinggal maka cat eksterior paling rentan mengalami kehancuran terutama pada ketika musim hujan seperti kini ini.

Bagi kita yang ingin urusan itu tidak terjadi pada lokasi tinggal Anda, simak sejumlah tips berikut:


Gunakan Cat Khusus Eksterior

Pada dasarnya terdapat dua jenis cat rumah, yaitu cat eksklusif interior dan guna eksterior. Untuk tersebut sudah usahakan kita memilih cat yang memang khusus guna eksterior rumah, sebab cat jenis ini mempunyai daya tahan yang lumayan bagus, bahkan ada sejumlah produsen cat yang berani memastikan catnya tidak akan bobrok dalam masa-masa 8 tahun.

Jangan Mengecat Saat Cuaca Mendung

Ketika mewarnai usahakan jangan dilaksanakan disaat situasi cuaca mendung atau berakhir hujan, sebab dikhawatirkan bakal ada air yang terperangkap di dalam tembok. Di samping itu, sebelum mewarnai Anda mesti mencuci segala kotoran yang menempel pada tembok, tujuannya supaya nanti cat bisa merekat dengan baik.

Teknik Pengecatan

Agar menemukan hasil yang baik, Anda juga harus pun memperhatikan kiat pengecatan, metodenya dengan menyerahkan lapisan tipis pada tembok sebagai lapisan dasar, lantas menjelang kering dilapis lagi supaya hasilnya sempurna. Atau Anda dapat juga mengekor dengan cermat segala tuntunan yang tercantum pada kemasan cat.

Periksa Kelembaban Dinding

Salah satu urusan yang menciptakan cat lokasi tinggal rusak saat hujan sebab dinding yang lembab, sebab rembesan air. Untuk tersebut periksalah dengan cermat dari mana sumber rembesan air tesebut muncul, seringkali rembesan air dapat muncul dari talang yang konstruksinya tidak cukup baik. Jangan biarkan dinding Anda terlampau lama terpapar rembesan air sebab akan menciptakan bercak laksana ompol pada cat rumah, bahkan akan menciptakan cat mengelupas.

Hujan Ancam Dinding Rumah, Begini Cara Antisipasinya