Pilihan Investasi di Indonesia untuk Pemula

Pilihan investasi di Indonesia tersedia dalam beragam bentuk. Saat ini, berinvestasi menjadi salah satu pilihan bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Memanfaatkan uang untuk berinvestasi dinilai sebagai pilihan terbaik untuk mendapatkan keuntungan dan bisa dibilang merupakan salah satu langkah untuk mempersiapkan masa depan. 

Sebaiknya investasi dimulai sedini mungkin. Tak perlu menunggu sampai anda dalam kondisi mapan dengan usia yang matang, sedini mungkin anda perlu mempersiapkan diri dan memilih jenis investasi apa yang bisa anda ambil. Saat ini, anak muda yang baru mulai bekerja pun sudah sangat menyadari betapa pentingnya berinvestasi untuk kepentingan masa depan mereka. 

Sebagai pemula, anak muda yang ingin berinvestasi perlu memilih jenis investasi dengan sangat hati-hati. Biasanya anak muda yang ingin berinvestasi akan merasa bingung karena dana yang dimiliki masih sangat terbatas. Kali ini kita akan membahas pilihan investasi seperti apa yang bisa diambil oleh anak muda meskipun mereka hanya memiliki dana yang terbatas. 


Pilihan Investasi untuk Pemula 


Ada banyak jenis bentuk investasi di Indonesia namun tidak semua bisa dijangkau dengan mudah oleh anak muda dengan biaya yang terbatas. Agar anak muda bisa ikut berinvestasi sejak dini maka ini dia beberapa pilihan investasi yang cocok bagi mereka : 

1. Saham 

Mungkin anda akan segera berpikir bahwa saham adalah pilihan investasi yang hanya bisa dilakukan oleh pengusaha besar. Sebenarnya, anak muda dengan biaya yang terbatas juga bisa menginvestasikan kekayaan mereka dalam bentuk saham. 

Saat ini banyak pilihan investasi saham dengan modal yang terjangkau. Bahkan hanya dengan modal di bawah Rp 5 juta anda juga sudah bisa melakukan investasi dalam bentuk saham di sebuah perusahaan. Yang penting, anda cermat memilih dan bisa membaca situasi dengan baik. 

2. Reksa Dana 

Reksa dana merupakan dana dari investor-investor yang diwujudkan menjadi beragam jenis instrumen bisa dalam bentuk saham maupun obligasi. Perusahaan reksa dana biasanya akan mewajibkan investor untuk melakukan penyetoran dana. Saat ini, anda bisa menemukan perusahaan reksa dana yang memberikan syarat setoran dana yang murah untuk diinvestasikan. 

3. Sukuk Ritel 

Sukuk adalah investasi yang dikategorikan sebagai obligasi syariah. Sukuk ritel memiliki arti Surat Berharga Syariah Negara Ritel. Sukuk ritel merupakan pilihan investasi yang bisa anda beli dengan harga yang sangat terjangkau . Pada umumnya satu unit sukuk bisa dibeli dengan biaya sebesar Rp 1 juta saja. 

4. Emas 

Investasi emas bisa dibilang merupakan jenis investasi yang paling populer di kalangan masyarakat di Indonesia. Emas juga menjadi pilihan investasi yang sangat mudah dijangkau oleh para anak muda. Namun, kalau dibandingkan dengan jenis investasi yang lain, investasi emas memang tidak begitu banyak menguntungkan tapi layak juga untuk dicoba. 

Itulah tadi beberapa pilihan investasi yang bisa anda coba ketika anda baru ingin mulai berinvestasi. Meskipun dengan modal yang sangat minim, anda tetap bisa menginvestasikan dana anda dan meraih keuntungan yang lebih besar. Meskipun dimulai dengan modal yang terjangkau, perlahan-lahan anda bisa meningkatkan nilai investasi anda dan semakin untung. 

Mengatur keuangan sangat penting untuk dilakukan. Anda harus belajar untuk mengatur kondisi keuangan anda sedini mungkin. Salah satu cara untuk membuat keuangan anda terjaga dengan baik adalah dengan berinvestasi. Apapun jenis investasi di Indonesia yang anda pilih, pastikan anda sudah menganalisis peluang keuntungan yang bisa anda raih.

Pilihan Investasi di Indonesia untuk Pemula