Pilihan Minuman Tradisional Khas Indonesia

Indonesia sangat kaya dengan ragam pilihan kulinernya. Bukan hanya makanannya saja yang memiliki cita rasa khas dan kuat namun Indonesia juga memiliki beragam pilihan minuman tradisional dengan rasa yang nikmat. Itulah mengapa, turis mancanegara yang berkunjung ke Indonesia tak hanya kagum pada tempat-tempat wisata indah yang ada di sini namun juga pada pilihan kulinernya. 

Pada artikel ini kita akan membahas seputar minuman tradisional khas Indonesia yang sangat bervariasi. Ada banyak jenis minuman tradisional yang ada di setiap daerah di Indonesia. Meskipun begitu, biasanya minuman tradisional di Indonesia memiliki kesamaan yaitu menggunakan campuran bahan alami atau rempah-rempah. 

Minuman-minuman tradisional yang ada di Indonesia ini membuat kita bangga karena ternyata banyak sekali yang dimiliki oleh negara kita. Anda penasaran apa saja minuman tradisional yang hanya bisa ditemukan di Indonesia? Simak ulasan berikut ini! 

Minuman Tradisional Indonesia 


Inilah dia beberapa minuman tradisional khas Indonesia : 

1. Sekoteng 


Sekoteng merupakan minuman tradisional khas Jawa Tengah. Namun meskipun khas Jawa Tengah, minuman ini merupakan minuman adaptasi tradisi Cina dan Jawa. Sekoteng ini terbuat dari gula merah serta jahe yang direbus kemudian diberi isi berupa kacang hijau, potongan roti tawar, pacar cina, serta kacang tanah. 

2. Bir Pletok 


Bir pletok merupakan minuman khas Betawi yang bisa dibilang sangat menarik. Dari namanya saja anda pasti langsung penasaran dengan minuman yang satu ini. 

Bir pletok dibuat dari beraneka rempah-rempah dan sama sekali tidak memabukkan. Minuman ini dibuat dari kayu secang, cabe jawa, jahe, cengkeh, daun pandan, sereh, kapulaga, pala, kayu manis, daun jeruk, lada, dan gula. 

3. Bajigur 


Bajigur merupakan minuman tradisional dari Jawa Barat. Minuman ini terbuat dari bahan dasar bandrek yang merupakan campuran santan dan gula aren. Selain itu ada tambahan bahan lain untuk membuat bajigur yaitu jahe, garam, dan bubuk vanili. Minuman ini sangat cocok dinikmati di kala udara dingin. 

4. Selendang Mayang 


Selendang mayang merupakan minuman khas Betawi yang saat ini sangat jarang ditemukan. Selendang mayang terbuat dari tepung beras sebagai bahan dasarnya kemudian disajikan dengan kuah yang terbuat dari santan, daun pandan, gula merah, gula, dan garam. Selendang mayang saat ini hanya disajikan pada acara-acara tertentu saja. 

5. Es Cendol 


Siapa tidak tahu es cendol? Minuman khas Jawa Barat ini sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia sebagai pelepas dahaga yang ampuh. Cendolnya terbuat dari tepung beras sedangkan kuahnya terbuat dari santan dan gula merah. Es Cendol juga banyak dijadikan sebagai minuman untuk berbuka puasa. 

6. Wedang Ronde 


Wedang ronde merupakan minuman hangat khas Jawa yang sangat populer di kalangan masyarakat hingga saat ini. Minuman ini terbuat dari wedang jahe hangat yang di dalamnya terdapat beragam isian seperti kacang tanah, potongan roti tawar, kolang-kaling, dan ronde yang terbuat dari tepung ketan. 

7. Bandrek 


Bandrek merupakan minuman khas masyarakat Jawa Barat. Minuman hangat yang difavoritkan untuk menghangatkan badan ini terbuat dari beragam macam rempah-rempah. Rasanya sangat kuat karena menggunakan campuran rempah berupa cengkeh, pala, gula aren, jahe, dan lada hitam. 

Itulah tadi beberapa jenis minuman tradisional khas Indonesia yang bisa anda nikmati. Minuman-minuman ini sudah ada sejak jaman dahulu dan sampai saat ini masih bisa ditemukan meskipun ada pula yang sudah tergolong langka. Pastikan anda sebagai orang Indonesia, mencintai aneka minuman tradisional khas Indonesia ini.

Pilihan Minuman Tradisional Khas Indonesia