Step by Step Sajikan Kopi Tubruk Paling Nikmat

Kopi tubruk menjadi salah satu jenis kopi yang sangat populer di kalangan pecinta kopi di Indonesia. Kopi tubruk bisa dibilang merupakan bagian dari sejarah kopi di Indonesia. Kopi tubruk yang kental dan hitam memberikan sensasi rasa yang kuat bagi para pecinta kopi tradisional. 

Pada jaman dahulu, sejak awal masuknya tanaman kopi di Indonesia, kopi tubruk menjadi favorit semua orang. Metode menyeduh kopi pada jaman dahulu belum beraneka ragam seperti sekarang. Cara menyeduh kopi masih sangat sederhana, menghasilkan secangkir kopi yang kental dan disebut dengan nama kopi tubruk. 

Nama kopi tubruk itu sendiri juga memiliki makna tersendiri. Tubruk dalam bahasa Jawa memiliki arti bertabrakan. Filosofinya, ketika serbuk kopi diseduh dengan air panas maka air panas dan serbuk kopi akan bertabrakan satu sama lain. 

Langkah-Langkah Menyajikan Kopi Tubruk 

Kopi tubruk memiliki rasa yang sangat kuat. Bagi pecinta kopi, aroma dan rasa kopi tubruk memiliki ciri khas yang sulit untuk dilupakan. Meskipun dibuat dengan metode yang sederhana namun, kopi tubruk ternyata tidak bisa disajikan secara sembarangan. 

Untuk menghadirkan secangkir kopi tubruk yang kental dan memiliki cita rasa kuat, diperlukan langkah demi langkah yang harus diperhatikan baik-baik. Kali ini kita akan membahas langkah demi langkah menyeduh kopi tubruk yang nikmat. 

1. Siapkan Rasio Kopi dan Air 

Siapkan serbuk kopi dan air dengan rasio yang tepat. Rasio kopi dan air yang pas untuk menghasilkan kopi tubruk yang super nikmat adalah tiap 100 ml air maka dibutuhkan 8.25 gram kopi. Jika rasionya tepat maka kopi tubruk yang disajikan tidak akan terlalu cair maupun terlalu kental. 

2. Siapkan Air dengan Suhu yang Tepat 

Jangan asal menyeduh kopi dengan air mendidih. Air mendidih justru akan membuat kandungan lemak dalam kopi hancur. Disarankan untuk menyeduh kopi tubruk dengan menggunakan air panas yang bersuhu 92 sampai 96 derajat celsius. 

3. Pemilihan Bubuk Kopi 

Bagi mereka yang tidak memiliki alat grinder biji kopi maka bisa membeli kopi bubuk namun perlu diperhatikan tingkat kekasarannya. Pada umumnya, jika serbuk kopi semakin halus maka rasa yang dihasilkan juga akan semakin kuat. Namun, ini kembali lagi pada selera masing-masing. 

4. Menggiling Biji Kopi Sendiri 

Jika merasa kurang mantap menggunakan kopi dalam bentuk bubuk maka silakan mencoba untuk menggiling biji kopi sendiri. Untuk menggiling biji kopi sendiri maka harus ada alat grinder kopi. Dengan menggiling biji kopi sendiri biasanya sensasi rasa yang dihasilkan juga akan lebih nikmat dan kualitas kopi juga akan lebih terjaga. 

5. Seduh Kopi dengan Air Panas 

Setelah semua siap maka silakan langsung seduh kopi dengan air panas yang sudah disediakan. Setelah diseduh, jangan langsung mengaduk kopi. Lebih disarankan untuk mendiamkan kopi yang sudah diseduh terlebih dahulu untuk beberapa saat baru kemudian diaduk. 

Itulah tadi langkah demi langkah menyajikan kopi tubruk yang nikmat. Tentang adanya tambahan gula atau tidak, bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Sebagian orang merasa kopi tubruk lebih nikmat diminum tanpa gula namun sebagian orang merasa kurang lengkap jika tidak ada rasa manisnya. 

Menikmati kopi tubruk seolah mencicipi sebuah sejarah. Cara penyajian yang sangat sederhana dan bisa dibilang tradisional memberikan cita rasa unik pada secangkir kopi tubruk. Selain itu, aroma dan rasa yang kuat dari kopi tubruk juga bisa membantu menghidupkan semangat pada diri seseorang.

Step by Step Sajikan Kopi Tubruk Paling Nikmat