Waspada, Jangan Sembarangan Parkir di Atas Rumput Kering


Kasus kebakaran mobil ketika berjalan, atau terparkir dalam situasi mesin mati,dapat disebabkan tidak sedikit faktor. Namun paling tidak sedikit terjadi, memang karena hal kecerobohan manusia.

Dijelaskan Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), dari sisi kelistrikan bakal kecil kemungkinan. Pasalnya,saat mesin mati, arus listrik bakal berhenti.

"Masih terdapat memang arus listriknya, tapi paling kecil. Aliran listriknya tidak total power, yang lari ke kontak telah mati, di lighter pun sudah tidakterdapat arus," jelas Anjar ketika berbincang.

Lanjut Anjar, andai pemilik mobil memakai alarm, memang masih terdapat arus listriknya. Tapi, tidak terlampau besar, dan bisa jadi untuk korslet lumayan kecil. "Biasanya dari hal eksternal atau kecerobohan manusia. Contohnya, empunya kendaraan parkir di atas rumput kering. Sudah begitu, rumput panjang hingga knalpot," tambah Anjar.

Dengan rumput yang panjang sampai knalpot, dan mobil panas maka rumput dapat jadi titik api. Jika telah begitu, saat parkir dalam masa-masa lama maka bisa jadi kebakaran dapat terjadi. "Di samping itu, ada sejumlah kasus mobil pun di parkir di bekas tumpukan sampah. Apinya memang telah mati, namun baranya tertutup dan masih nyala," pungkasnya.

Salah Pasang Tutup Oli Bisa Menyebabkan Kebakaran Mobil ketika berjalan atauketika parkir, barangkali saja terjadi. Banyak hal yang dapat mengakibatkan mobil terlahap si jago merah, dan paling tidak sedikit karena hal kecerobohan pemilik.

Dijelaskan Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), penyebab kebakaran dapat saja sebab sampah plastik, ranting kayu, atau sesuatu yang terbelakang di ruang mesin. "Misalkan, tidak sedikit pemilik yang mencuci ruang mesin memakai lap sintetis. Lalu, lap terbelakang dan mobil diangkut jalan. Ketika mesin panas, lap kering dan kesudahannya terbakar," jelas Anjar.

Di samping itu, tutup oli juga dapat menyebabkan kebakaran. Misalkan, andai pemilik mobil ganti oli di rumah, dan tidak diangkut ke bengkel mesti dijamin penutup oli terpasang dengan benar. "Ketika suhu mesin panas, oli tentu keluar. Jika menjangkau titik api laksana knalpot, oli juga dapat menjadi pemicu kebakaran. Pasalnya, oli adalahmaterial yang gampang terbakar," tambahnya.

Di samping itu, kebocoran tangki bahan bakar pun menjadi penyebab utama. "Kalauurusan tersebut, tidak butuh dipertanyakan. Penyebab kebakaran dapat juga terjadi dari keboncoran tangki bahan bakar," pungkasnya.

Waspada, Jangan Sembarangan Parkir di Atas Rumput Kering