Mengatasi Mulut Kering Dengan Cara Alami


Mulut kering dapat bikin kegiatan sehari-hari jadi tidak nyaman. Sebentar-sebentar tenggorokan terasa gatal dan sakit. Belum lagi napas yang jadi berbau tidak sedap. Tenang dulu… Ada sekian banyak cara alami yang dapat Anda jajal untuk menanggulangi mulut kering melulu dengan duduk manis di rumah, lho!

Berbagai teknik alami menanggulangi mulut kering di rumah

Meskipun tidak benar-benar mengobati, tetapi paling tidak teknik ini dapat menolong meringankan fenomena mulut kering. Berikut ini teknik mengatasi mulut kering yang dapat Anda kerjakan di rumah:

1. Perbanyak minum air putih

Minum air putih yang tidak sedikit dapat menolong memenuhi keperluan cairan tubuh sekaligus menanggulangi mulut kering dampak dehidrasi. Selalu sediakan botol minum kemanapun kita pergi agar mulut tetap lembap di tengah padatnya aktivitas.

2. Kunyah permen karet

Begitu mulu terasa kering, usahakanlah kunyah permen karet bebas gula. Cara ini dapat menolong merangsang buatan air liur dan mengawal kelembapan mulut.

Di samping itu, kita juga dapat mengisap obat batuk, obat tenggorokan, atau permen yang berisi xylitol untuk menolong mengatasi mulut kering.

3. Berhenti mengisap rokok dan minum alkohol

Awalnya memang terasa berat dan susah untuk menahan kelaziman merokok atau minum minuman beralkohol bila sudah kebiasaan. Namun, Anda pasti tidak hendak masalah mulut kering menjadi semakin parah, bukan?

Coba alihkan perhatian kita dengan mengunyah permen karet untuk menolong mengurangi kemauan untuk menghisap cerutu atau minum alkohol. Selain menolong mengatasi mulut kering, urusan ini pun dapat menciptakan tubuh kita jadi lebih sehat.

4. Hindari obat-obatan tertentu

Dikutip dari Healthline, sejumlah 90 persen permasalahan mulut kering diakibatkan oleh konsumsi obat-obatan. Beberapa jenis obat yang mempunyai efek samping berupa mulut kering merupakan:

  • Antihistamin
  • Obat hipertensi
  • Obat-obatan yang berisi hormon
  • Broncholidator atau obat asma
Hindari obat-obatan itu untuk sedangkan waktu. Konsultasikan ke dokter guna mendapatkan resep obat beda yang tidak menyerahkan efek samping serupa.

5. Jaga kesucian mulut

Pastikan Anda telah menyikat gigi dengan benar dan memakai pasta gigi berfluoride, agar masalah mulut kering bisa segera diatasi. Bila perlu, pakai obat kumur yang berisi xylitol untuk menolong merangsang buatan air liur dan menanggulangi mulut kering.

6. Gunakan humidifier

Humidifer dapat menolong melembapkan udara di dalam kamar. Cara ini paling berguna untuk Anda yang merasakan mulut kering sebab kebiasaan istirahat mangap, alias bernapas lewat mulut ketika tidur. Dengan begitu, mulut Anda bakal terasa lebih lembap ketika bangun di pagi hari.

Mengatasi Mulut Kering Dengan Cara Alami