Penyebabnya Angin AC Mobil Tak Terasa Lagi


AC mobil menjadi penunjang kenyamanan untuk penumpang atau pengemudi ketika berkendara. Apalagi untuk wilayah perkotaan yang macet dan panas laksana Jakarta, AC mobil mesti tetap menunjang kenyamanan.

Terkadang, AC mobil suka tidak dingin lagi sesudah lama dipakai. Jika blower AC diset dengan kecepatan tinggi dan AC tidak terasa, bisa jadi masalahnya terdapat di filter kabin.

"Kadang-kadang bila mobil baru, anginnya 1 udah kencang banget. Tapi lama-lama dipakai, anginnya 1 kayak nggak terdapat anginnya," kata Departement Manager Denso Sales Indonesia, Reinard Winardi belum lama ini.

Berdasarkan keterangan dari Reinard, AC yang tidak dingin tidak jarang kali menjadi keluhan. Kalau angin yang dikeluarkan blower-nya telah tidak terasa, kita perlu memeriksa filter kabin. Ada kalanya filter kabin teratur diganti.

"Kalau udara yang terbit dari grille outlet telah mengecil, tersebut masalahnya hanya satu, ganti filter AC," ucap Reinard.

Reinard mengatakan, filter kabin tidak dianjurkan untuk dimurnikan atau disemprot. Kalau telah kotor, usahakan filter kabin diganti saja.

"Filter sebab bahannya kertas, kalau dimurnikan fungsi penyaringannya menurun. Kalau penyaringannya menurun faedah filter nggak terdapat gunanya," katanya.

Berapa lama filter kabin diganti? Reinard menyinggung penggantian filter kabin tergantung dengan pemakaiannya.

"Tapi saya suggest 6 bulan sekali anda ganti. Murah kok, selama Rp 50 ribu. Rp 50 ribu namun nyaman anda gunakan," katanya

Penyebabnya Angin AC Mobil Tak Terasa Lagi