Minum Teh Pakai Madu Atau Gula Pasir, Mana yang Lebih Sehat ?


Teh manis ialah minuman kesayangan sejuta umat. Mau yang dingin atau panas, selera tiap orang tentu berbeda. Termasuk pemanis yang digunakan. Ada orang yang minum teh manis gunakan gula pasir putih biasa, dan terdapat pula yang gunakan madu sebab katanya lebih sehat. Nah, kira-kira mana yang sebenarnya lebih sehat dipakai sebagai pemanis teh?

Plus minus minum teh manis gunakan madu

Madu ialah cairan manis yang didapatkan oleh lebah dari nektar bunga. Kandungan utama madu yakni air dan gula alami yang pun terkandung dalam gula pasir biasa, yakni fruktosa dan glukosa.

Namun andai digali lebih dalam lagi, madu diperkaya oleh sebanyak nutrisi urgen yang diperlukan oleh tubuh. Mulai dari vitamin B, vitamin C, asam amino, sederet enzim, mineral laksana magnesium dan kalium, sampai antioksidan flavonoid.

Berbagai nutrisi ini lantas memunculkan sekian banyak manfaat madu untuk kesehatan tubuh. Misalnya, memerangi peradangan dalam tubuh, mempercepat pengobatan luka, melegakan tenggorokan yang kering dan gatal dampak batuk, serta mengurangi risiko alergi makanan.

Jika hendak memaniskan teh gunakan madu, usahakan pastikan guna memilih madu mentah yang berwarna agak gelap dan teksturnya lebih kental. Madu mentah lazimnya berisi lebih tidak sedikit nutrisi, enzim, dan pun antioksidan yang dapat menguntungkan tubuh.

Terlebih, madu ialah sumber karbohidrat perumahan yang tidak mudah dibagi oleh tubuh sampai-sampai tidak mendongkrak gula darah secepat gula pasir biasa. Artinya, madu dapat meluangkan energi untuk tubuh yang lebih bertahan lama dari gula pasir. Nilai glikemik madu lazimnya berada salah satu 45-64.

Di sisi lain, kalori yang terdapat di dalam madu memang lebih tinggi daripada gula. Sebagai perbandingan, satu sendok teh gula berisi 49 kalori sedangkan satu sendok teh madu selama 64 kalori.

Plus minus minum teh manis gunakan gula pasir biasa

Gula pasir tercipta dari ekstrak tebu. Sebagai bahan pemanis, gula putih tergolong sumber karbohidrat yang tinggi kalori. Asupan kalori tinggi dapat menolong tubuh memproduksi energi guna Anda beraktivitas.

Namun demikian, energi yang disediakan oleh gula tidak dapat bertahan lama. Pasalnya, gula ialah karbohidrat simpel yang nilai glikemiknya sangat tinggi salah satu semua makanan berkarbohidrat. Dari rentang skor 0-100, nilai IG gula pasir ialah 100. Semakin tinggi nilai glikemik sebuah makanan, semakin cepat pula makanan tersebut mendongkrak gula darah. Peningkatan gula darah berikut yang menjadi sumber energi utama untuk tubuh.

Di sisi lain, karbohidrat simpel dari gula paling mudah dibagi sehingga gula darah juga dapat langsung cepat menurun drastis sejumlah saat sesudah makan. Itu mengapa Anda sangat gampang merasa lemas dan mengantuk setelah banyak sekali makan gula.

Dalam jangka panjang, eskalasi gula darah dampak konsumsi gula berlebih dapat dominan buruk untuk kesehatan. Di antaranya menciptakan gigi bolong sampai memicu diabetes dan penyakt jantung. Terlebih, gula pasir tidak berisi gizi atau nutrisi apa pun.

Jadi, lebih sehat yang mana?

Sebelum menyimpulkan teknik minum teh mana yang lebih sehat, pahami dulu bahwa baik madu dan gula tetap sama-sama sumber karbohidrat. Dalam batas normal, asupan karbohidrat yang memadai tidaklah berbahaya. Yang jadi masalah ialah ketika dikonsumsi secara berlebihan.

Baik tersebut gula pasir atau madu, dua-duanya sama-sama tinggi kalori. Mengonsumsi karbohidrat dan kalori terlalu tidak sedikit dalam jangka panjang dapat menambah risiko masalah kesehatan laksana berat badan berlebih, penambahan kadar gula darah, sampai risiko terkena sekian banyak penyakit.

Apa juga jenis pemanis teh Anda, Kementerian Kesehatan lewat eksemplar pedoman Angka Kebutuhan Gizi-nya telah memutuskan batas maksimum asupan gula/pemanis untuk masing-masing orang Indonesia ialah 50 gram gula atau setara dengan 5-9 sendok teh per hari.

Sementara guna total kalori dari makanan dan minuman, AKG Kemenkes memberi batas wanita dewasa umur 16-30 tahun guna mendapatkan selama 2.250 kalori per hari, sementara lelaki dewasa dengan rentang usia sama memerlukan sekitar 2.625-2.725 kalori per hari.

Oleh sebab itu, baik minum teh manis gunakan madu atau juga gula biasa kita tetap perlu arif menyesuaikan porsi takarannya supaya tidak melebihi batas yang sudah ditentukan. Dengan begitu, Anda dapat menjaga kesehatan dengan lebih baik.

Minum Teh Pakai Madu Atau Gula Pasir, Mana yang Lebih Sehat ?