Manfaat Dan Tips Melakukan Yoga Bagi Wanita Yang Bertubuh Gemuk


Mungkin anda hanya sering melihat wanita yang melakukan yoga memiliki tubuh yang ideal. Namun apakah yoga ini bisa dilakukan oleh wanita yang bertubuh gemuk? Jawabannya tentu saja bisa! Karena senam yoga ini bisa dilakukan oleh semua orang dengan tanpa melihat bentuk tubuhnya, apakah tubuhnya kurus, gemuk, atau ideal. Senam yoga ini banyak sekali manfaatnya, seperti bisa mengurangi stres dan meningkatkan kebugaran tubuh. Lalu apa saja manfaat yoga untuk kesehatan wanita yang bertubuh gemuk serta bagaimana cara melakukannya? Untuk itu mari kita simak ulasannya berikut ini. 

Manfaat Yoga Bagi Wanita Wanita Yang Bertubuh Gemuk 

Senam yoga ini memiliki beberapa gerakan yang sangat mudah, sehingga wanita yang bertubuh gemuk pun bisa melakukannya. Bagi wanita yang memiliki tubuh gemuk, melakukan latihan-latihan intensitas rendah seperti yoga akan bisa membuat lebih nyaman dibandingkan dengan harus jogging di jalan atau di taman. Karena sebagian besar gerakan pada yoga ini bisa dimodifikasi yang disesuaikan dengan tubuh anda. Orang yang bertubuh besar tentunya akan sering mengalami masalah dengan nyeri sendi. Hal tersebut bisa diatasi jika anda mengikuti kelas-kelas yoga, karena dengan gerakan yoga ini bisa membantu meningkatkan keselarasan tubuh untuk mengurangi ketegangan pada sendi. Selain itu yoga juga bisa meningkatkan kemampuan keseimbangan sehingga bisa memperpanjang usia. Orang yang bertubuh gemuk biasanya akn lebih rentan mengalami stres dan depresi, sehingga dengan yoga ini bisa membantu untuk menenangkan pikiran serta melemaskan otot-otot yang tegang sehingga anda akan menjadi lebih nyaman dan rileks. 

Tips Melakukan Yoga Bagi Wanita Yang Bertubuh Gemuk 

Setelah kita mengetahui manfaat yoga bagi wanita yang bertubuh gemuk, untuk selanjutnya mari kita simak ulasan tentang tips melakukan yoga bagi wanita yang bertubuh gemuk sebagai berikut : 

1. Perluas Posisi Anda 

Tips yang pertama adalah perluas posisi anda. Karena dalam banyak postur berdiri, kaki sering harus selebar pinggul. Sehingga bagi anda yang memiliki tubuh gemuk, mungkin bisa menyiasatinya dengan cara mencoba melebarkan kaki sejauh jarak yang membuat anda merasa nyaman. 

2. Kenali Tubuh Anda 

Tips selanjutanya adalah kenali tubuh anda. Dalam hal ini jika kulit perut anda, payudara, paha , atau lengan menghalangi gerakan anda, maka pegang dan gerakkan, mungkin jenis instruksi ini tidak tertulis dalam skrip kelas yoga tradisional, namun cobalah lakukan hal tersebut supaya membuat diri anda menjadi lebih nyaman. 

3. Gunakan Alat Peraga 

Tips yang berikutnya adalah gunakan alat peraga. Jika instruktur yoga ingin anda menyentuh tangan anda ke jari-jari kaki untuk melakukan peregangan hamstring, tentunya itu akan membuat anda kesulitan. Namun anda jangan khawatir, anda bisa melakukannya dengan cara menggunakan alat peraga yang berupa tali yoga. Dengan alat ini bisa membantu anda untuk bisa melakukan peregangan serta membantu anda dalam melakukan gerakan yang lainnya. 

4. Berpikir Positif 

Tips yang terakhir adalah selalu berpikir positif. Perlu dicatat bahwa yoga ini bukan tentang persaingan dan kesempurnaan. Jadi anda jangan pernah berpikir dengan melakukan yoga ingin supaya tubuh anda menjadi lebih baik atau ideal melebihi teman-teman anda yang lainnya di kelas yoga yang sama. Namun jadikanlah yoga ini selain untuk menjaga kesehatan juga untuk ajang silaturahmi antar anggota senam yoga. Gunakan latihan yoga ini sebagai kesempatan untuk terhubung antara pikiran dan tubuh anda. 

Salah satu manfaat Yoga adalah memang untuk menurunkan berat badan. Melakukan yoga dapat membakar kalori lebih banyak daripada melakukan jalan santai dengan durasi yang sama. 

Manfaat Dan Tips Melakukan Yoga Bagi Wanita Yang Bertubuh Gemuk