Berikut Langkah Penting dalam Perawatan Generator Agar Tidak Mudah Rusak


Untuk mendapatkan energi listrik maka dibutuhkan proses yang cukup panjang, diantaranya mulai dari energi yang digunakan, bisa berupa air, angin atau bahkan matahari, kemudian dukungan dari generator kelistrikan yang akan mengubah energi gerak tersebut nantinya menjadi energi listrik. Di Indonesia sendiri memang pada dasarnya ada begitu banyak sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik tersebut, namun dalam pembangunannya memang membutuhkan biaya yang tidak bisa dikatakan kecil.

Bahkan untuk sekelas perusahaan atau industri besar, mereka tidak lagi menggunakan supply listrik yang berasal dari PLN. Melainkan sudah mencari alternatif lain yaitu dengan membuat energi listrik sendiri dengan menggunakan beragam jenis sumber daya alam yang ada. untuk rumah tangga atau industri besar sendiri yang memiliki ketergantungan aka listrik, biasanya mereka sudah mulai mengandalkan generator atau genset kecil yang dapat dibeli atau disewa di pasaran, sehingga jika seandainya terjadi pemadaman maka tidak menjadi masalah.

Agar generator ini lebih awet atau tahan lama, maka berikut setidaknya ada beberapa langkah perawatan yang wajib untuk dilakukan, yaitu:

  • Melakukan pengecekan fisik secara umum, untuk memastikan tidak ada bagian yang bermasalah.
  • Merawat bagian pelumasannya, pengecekan pelumas ini hendaknya dilakukan ketika sistem tersebut dalam kondisi mati.
  • Melakukan perawatan dalam sistem pendingin, periksalah bagian collant atau pendingin mesin apakah masih tersedia atau sudah habis.
  • Merawat bahan bakar, bahan bakar agar tidak rusak sebaiknya disimpan secara tepat, pastikan juga untuk rutin dalam melakukan pemanasan mesin, sehingga mesin tersebut dapat bekerja secara optimal.
  • Merawat baterai starting, jika genset gagal melakukan stanby bisa menjadi gejala bahwa baterainya dalam kondisi yang lemah, sehingga harus rutin untuk diperiksa.

Perawatan secara tepat akan membuat mesin genset tersebut tahan lebih lama, meskipun jarang digunakan, atau jika memang malas melakukan perawatan sebaiknya tidak perlu membeli, melainkan cukup dengan menyewanya ketika membutuhkan, banyak perusahaan atau jasa yang menyewakannya, salah satu diantaranya adalah Sewatama, cek disini http://sewatama.com/id/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berikut Langkah Penting dalam Perawatan Generator Agar Tidak Mudah Rusak"

Posting Komentar