6 Keunikan Tari Jaipong, Salah Satu Tarian Daerah Indonesia yang Wajib Anda Ketahui

6-Keunikan-Tari-Jaipong,-Salah-Satu-Tarian-Daerah-Indonesia-yang-Wajib-Anda-Ketahui

Tari jaipong merupakan tarian daerah Indonesia yang dikembangkan dari kesenian rakyat pergaulan ketuk tilu oleh seniman Bandung bernama Gugum Gumbira. Ia menaruh perhatian besar terhadap ketuk tilu hingga sangat mengenal pola-pola gerakannya seperti bukaan, pencugan, nibakeun, dan gerakan yang lainnya. 

Melalui ketuk tilu Gugum Gumbira mengemas ulang gerakan-gerakan yang terdapat dalam tarian tersebut menjadi gerakan baru. Kemudian ia mengenalkannya dengan nama tari jaipong atau jaipongan kepada masyarakat Bandung. 

Keunikan Tari Jaipong 

Keunikan tari jaipong yang sangat menonjol terletak pada gerakannya yang enerjik dan propertinya yang mencolok. Selain itu, penari jaipongan dilakukan berkelompok dan berpasangan antara laki-laki dan perempuan. Namun, pada akhirnya jaipongan lebih banyak ditampilkan oleh penari perempuan. Pada umumnya, jaipongan disukai oleh semua kalangan umur karena tarian tradisional ini tidak membosankan. Adapun keunikan lainnya dari tari jaipong akan diuraikan di bawah ini. 

1. Gerakan Tarian Enerjik 

Tidak seperti beberapa tarian daerah Indonesia yang memiliki gerakan yang bersifat lemah lembut. Justru jaipongan kerap menampilkan gerakan tarian yang enerjik. Gerakan tarian yang demikian membuat para penonton tidak bosan sama sekali. Apalagi pada masa sekarang gerakan tari jaipongan banyak dipadupadankan dengan gerakan tarian modern. 

2. Musik Pengiring yang Gembira 

Perpaduan alat musik gendang, gong, dan alat musik ketuk memberikan kesan gembira pada tari jaipong ini. Musik pengiring menjadi salah satu hal yang menarik penonton untuk ikut menari dan menikmati jaipongan. Sudah banyak penonton yang memberikan apresiasi lebih pada tari jaipong beserta penarinya. Buktinya, tari jaipongan sudah diakui keunikannya oleh dunia. 

3. Diiringi Sinden 

Biasanya penari menjadi pendukung penyanyi dalam sebuah panggung. Namun kali ini sebaliknya, sinden menjadi pendukung penari saat di atas panggung. Tugas sinden menyanyikan lagu-lagu sunda untuk mengirngi penari jaipong. Vokal sinden yang dipadupadankan dengan musik khas Sunda menjadi ciri khas kesenian kelas dunia asal Jawa Barat. 

4. Kostum yang Khas 

Penari jaipong akan menggunakan kostum yang berkaitan dengan lagu dan musik yang dinyanyikan pada saat itu. Pada dasarnya, kostum penari akan disesuaikan dengan karakter penarinya sendiri. Untuk penari wanita biasanya menggunakan kebaya dengan rambut disanggul dan tambahan properti selendang. 

Untuk penari jaipong laki-laki biasanya menggunakan baju hitam yang dinamakan pangsi dengan properti bendo yang dipakai diatas kepala. Properti lainnya seperti keris atau kujang yang dipasang dipinggang menggunakan sabuk berwarna keemasan atau hijau daun. 

5. Terkenal Hingga Mancanegara 

Tari jaipong merupakan kesenian dari Jawa Barat yang terkenal masih muda. Dalam sejarah, tari jaipongan diciptakan pada tahun 1970-an. Meskipun belum menginjak usia 100 tahun tari tradisional ini sudah terkenal hingga mancanegara. Di Indonesia sendiri semua orang pasti mengetahui tari jaipong, tidak mungkin kalau tidak ada yang mengenalnya sama sekali. 

6. Khas dengan Gaya Kaleran 

Ciri khas yang paling kental dari tari jaipong yaitu gaya kaleran yang berarti keceriaan, humoris, erotis, spontanitas, dan kesederhanaan. Gaya kaleran ini diperlihatkan pada setiap gerakan-gerakannya. 

Demikian keunikan dari tarian daerah Indonesia asal Jawa Barat yang diberi nama jaipongan. Sudah sepatutnya kita bangga dengan tarian tradisional yang sudah mendunia dan diakui keunikannya oleh negara-negara yang lain. Maka dari itu, tidak ada salahnya kalau kita melestarikan budaya ini dengan menjadi penari jaipong atau penikmat budaya yang beretika dan berkarakter.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Keunikan Tari Jaipong, Salah Satu Tarian Daerah Indonesia yang Wajib Anda Ketahui"

Posting Komentar