Cara Mengatasi Gigi yang Goyang


Gigi goyang dapat dikarenakan oleh faktor-faktor. Contohnya penyakit gusi, luka pada gigi, penambahan hormon sepanjang kehamilan, dan osteoporosis. 

Antara bermacam unsur itu, penyakit gusi atau periodontitis ialah yang seringkali jadi pemicunya. 

Ada cara-cara medis yang dapat ditempuh untuk menangani gigi goyang. Tersebut salah satunya. 

1. Pembersihan (scaling) serta root planing 

Bakteri serta protein pada sela di antara gigi serta gusi bisa mengeras membuat plak. Plak gigi itu lalu bisa melapangkan sela hingga gigi jadi goyang. 

Bila tidak diatasi, keadaan ini akan membuat penyakit gusi makin bertambah kronis. 

Pembersihan plak gigi dikerjakan lewat cara scaling. Lalu, dokter gigi meneruskan dengan cara root planing untuk melembutkan permukaan akar gigi serta menolong perlekatan gusi pada gigi yang longgar. 

2. Mengonsumsi antibiotik 

Bakteri pemicu penyakit gusi bisa masuk saluran darah serta mengakibatkan masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, stroke, sampai infeksi semua badan. 

Untuk mencegahnya, dokter gigi bisa memberi resep obat antibiotik yang butuh dikonsumsi dengan teratur dalam periode waktu tersendiri. 

3. Operasi flap 

Langkah menangani gigi goyang dengan operasi flap mungkin dibutuhkan jika jaringan gusi alami rusaknya. Mekanisme ini dikerjakan dengan mencangkok jaringan kulit dari gusi yang sama atau dari jaringan lain yang sesuai dengan. 

Dokter akan membuat irisan pada gusi Anda, lalu meneruskan dengan scaling serta root planing pada ruang itu. 

Tiap sela di antara gigi serta gusi ditutup untuk meminimalisasi perkembangan bakteri. Sesudah itu, jaringan gusi dijahit kembali untuk mengencangkan gigi yang goyang. 

4. Bone grafting 

Bone grafting dikerjakan jika Anda alami rusaknya jaringan gigi hingga gigi jadi keropos serta goyang. Dokter akan membuat irisan pada gusi, lalu mekanisme ini diteruskan dengan scaling serta root planing untuk bersihkan jaringan gigi. 

Lalu, sisi gigi yang keropos ditambal dengan jaringan cangkok. Jaringan ini bisa datang dari tulang Anda sendiri atau bahan sintetis. Jaringan gusi lalu ditutup serta akan sembuh seutuhnya sesudah beberapa waktu. 

5. Splinting 

Splinting salah satu langkah yang efisien untuk menangani gigi goyang tetapi masih melekat pada gusi. 

Triknya dengan memasangkan potongan logam pada gigi-gigi yang goyang. Potongan logam itu menolong menyangga gigi hingga tempatnya normal kembali. 

Gigi dengan keadaan goyang yang kronis kadang lepas atau harus dicabut. Supaya tidak merubah tampilan serta peranan normal gigi, Anda dapat jalani pemasangan implan. 

Mekanisme pemasangan implan dikerjakan langsung pada akar gigi yang lepas atau dicabut. 

Bermacam langkah menangani gigi goyang diatas termasuk efisien. Tetapi, Anda pun harus menangani pemicu terutamanya, untuk menahan komplikasi yang lebih kronis. 

Langkah paling baik untuk mengerjakannya dengan jaga kebersihan mulut serta gigi. Sikatlah gigi dengan teratur minimum 2x satu hari. 

Anda dapat memakai benang gigi untuk bersihkan sisa-sisa makanan yang ada antara sela gigi. Lengkapi kegiatan rutin Anda dengan memakai obat kumur supaya mulut terlepas dari bakteri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Gigi yang Goyang"

Posting Komentar