Sakit Kepala Sesudah Berolahraga Berikut Cara Mengatasinya


Beberapa orang yang akui lebih fresh sesudah olahraga. Tetapi, kok Anda justru rasakan pusing serta sakit kepala sesudah berolahraga? Ini sebetulnya dapat dikarenakan oleh beberapa hal, seperti dehidrasi, kelamaan terkena cahaya matahari, atau karena kandungan gula yang rendah. 

Umumnya sakit kepala sesudah berolahraga bukan hal yang butuh di kuatirkan, tetapi memang keadaan ini dapat mengganggu kegiatan Anda seterusnya. Nah, agar cepat sembuh, ini langkah menangani sakit kepala sesudah berolahraga. 

Bila Anda justru sakit kepala sesudah berolahraga, mungkin saja ada yang salah pada badan Anda. Walau demikian, ada langkah cepat agar sakit kepala itu hilang sesudah berolahraga kok. 

1. Minum air yang banyak 

Umumnya, pusing sesudah olahraga ada karena dehidrasi. Dehidrasi berlangsung saat badan Anda kehilangan semakin banyak cairan dibanding yang diperlukan. Waktu olahraga Anda banyak keluarkan keringat, ini termasuk juga kehilangan cairan. Bila Anda tidak minum banyak air sebelum olahraga, kemungkinan besar Anda alami dehidrasi. 

Satu studi dikutip dari webmd.com mengutarakan jika orang yang minum 4 gelas air lebih beberapa dari umumnya dalam satu hari, rasakan ngilu pada kepala yang lebih jarang-jarang sepanjang 2 minggu. 

Oleh karenanya, tetap siapkan air waktu olahraga. Yakinkan Anda terhidrasi secara baik lewat cara cek warna urin Anda. Bila berwarna kuning jelas pertanda Anda cukup minum. Sebaliknya bila berwarna kuning gelap pertanda Anda kurang cairan. 

Diluar itu, Anda bisa memberikan tambahan minuman isotonik untuk menolong menutupi keperluan cairan Anda. Ini karena minuman isotonik memiliki kandungan garam mineral serta glukosa yang dapat menyamakan cairan pada tubuh Anda. 

2. Janganlah kelamaan terkena cahaya matahari 

Terserang cahaya matahari kelamaan dapat menyebabkan sakit kepala, bahkan juga waktu Anda tidak olahraga sekalinya. Nah, bila memang Anda di rasa telah kelamaan olahraga dibawah teriknya matahari, semestinya selekasnya hentikan atau geser ke tempat yang lebih teduh. 

Bila cuaca panas, bawa satu gelas air serta handuk dingin yang lembab. Letakan diatas mata serta dahi Anda sepanjang beberapa waktu. Sesudah itu, usahakan untuk mandi dengan air hangat supaya otot-otot Anda lebih santai. Jika Anda tidak memiliki cukup waktu, Anda bisa memakai obat anti inflamasi non steroid seperti ibuprofen untuk mengurasi rasa sakit kepala yang Anda alami. 

3. Makan sebelum dan setelah berolahraga 

Tidak makan sebelum berolahraga mungkin saja ketetapan yang salah. Masalahnya sepanjang berolahraga, kandungan gula darah Anda akan terkuras. Jika Anda tidak punyai cadangan gula darah dari makanan awalnya, karena itu Anda akan alami sakit kepala sesudah berolahraga. 

Baiknya memang janganlah makan begitu dekat sama agenda berolahraga, agar perut Anda tidak sakit waktu lakukan beberapa pergerakan. Anda dapat isi perut dengan makanan yang bergizi tinggi seputar 1 jam sebelum olahraga. Dengan demikian, badan Anda dapat mengolah makanan yang masuk lebih dulu sebelum kelak digunakan untuk daya waktu olahraga. 

Nah, bila telah usai olaharaga, karena itu gula darah Anda harus di isi ulang lagi. Anda dapat konsumsi beberapa buah-buahan jadi pengganjal perut bila memang tidak ingin makan berat sesudah berolahraga. 

4. Lakukan pergerakan pendinginan 

Sakit kepala sesudah olahrga dapat juga karena disebabkan otot-otot badan begitu tegang. Ini umumnya muncul karena Anda tidak lakukan pendinginan sesudah olahraga. 

Pikirkan saja sepanjang olahraga, semua otot badan Anda aktif serta berkontraksi. Bila Anda melalui session pendinginan, karena itu otot akan condong menegang serta selalu berkontraksi. 

Bila dilewatkan otot ini akan kram bahkan juga dapat menyebabkan sakit kepala. Ditambah lagi bila otot yang kram waktu itu ialah otot sisi leher serta pundak. Karena itu itu, penting untuk lakukan pergerakan pendingin, agar otot kembali santai. 

5. Minum obat 

Tidak hanya ibuprofen, Anda dapat juga konsumsi naproxen atau indometachin 30-60 menit sebelum olahraga. Kedua-duanya diakui efisien untuk menangani sakit kepala sesudah berolahraga. Tetapi, pemakaian obat ini harus selalu dipantau sebab dapat mengakibatkan iritasi perut. 

Kapan saya harus ke dokter?Bila Anda telah lakukan beberapa cara diatas, tapi sakit kepala malah berlangsung makin seringkali, tanyakan pada dokter. Hal ini berlaku saat Anda lakukan kegiatan rutin berolahraga serta mendadak pusing juga hadir sesudah berolahraga. Dengan berkonsultasi dengan dokter, Anda dapat tahu apa sebabnya serta bagaimanakah cara menangani hal itu. 

Sakit kepala yang dihadapi sesudah olahraga sebetulnya dapat ditangani dengan gampang. Tetapi, tidak tutup peluang bila Anda alami keadaan medis tersendiri. Oleh karenanya, jika gejalanya makin seringkali serta kronis, tidak ada kelirunya untuk periksakan ke dokter.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sakit Kepala Sesudah Berolahraga Berikut Cara Mengatasinya"

Posting Komentar