Tips Memilih Squishy yang Aman untuk Anak

Tips-Memilih-Squishy-yang-Aman-untuk-Anak

Squishy merupakan jenis permainan yang kembali tren dikalangan anak-anak. Tak hanya dimainkan oleh anak usia sekolah, permainan yang terbuat dari bahan spons yang lembut juga dimainkan oleh balita. Sebagai orangtua yang memiliki anak usia balita, sebaiknya Anda memperhatikan tips memilih permainan edukatif yang aman berikut ini. 

1. Perhatikan bahan cat yang aman 

Langkah pertama agar Anda tidak terkena dampak negatif permainan yang tengah hits dengan memperhatikan bahan cat yang aman. Hal ini dikarenakan banyak jenis mainan dijual menggunakan warna yang menarik pembeli. Bisa jadi cat yang digunakan beracun alias tidak aman untuk kesehatan anak balita. Mengingat cat dioleskan saja pada busa sehingga anak usia balita atau batita meremas, memijat atau memasukkan busa ke mulut yang berakibat pada alergi. 

2. Cek tingkat elastisitas busa 

Squishy yang berkualitas bisa Anda lihat dari tingkat elastisitas yang dimiliki. Pastikan Anda mengecek tingkat elastisitas busa yang bisa kembali seperti semula. Jangan memilih bahan busa yang kaku dan diremas atau dipijat tidak bisa kembali ke bentuk semula. Anda jelas ingin manfaat positif pada anak-anak yang belajar mengembangkan indera peraba, bukan? Busa yang mudah sobek bisa berisiko membuat balita menelan sobekan mainan tersebut. 

3. Pilih squishy yang memiliki aroma khas 

Jenis common squishy banyak ditemukan di berbagai toko yang memang tidak diketahui produsen asli. Biasanya busa jenis ini memiliki harga lebih terjangkau dan tidak memiliki aroma yang khas. Berbeda dengan licensed squishy yang telah terjamin aman dan tidak membahayakan kesehatan si kecil dengan bandrol harga lebih mahal. 

Aroma licensed squishy lebih wangi baik mint, bunga, buah, dan wangi menyegarkan yang lain. Memilih permainan busa yang lebih wangi bisa meminimalisir risiko Anda membeli produk yang menggunakan cat berbahaya. Bau cat yang dioleskan pada busa terlalu menyengat wajib Anda hindari ya! Bisa dipastikan produsen mengabaikan prosedur keamanan dan keselamatan anak-anak yang alergi dengan cat beracun tersebut. 

4. Mudah sekali digenggam anak-anak 

Manfaat permainan busa ini untuk merangsang perkembangan indera peraba si kecil. Bagi anak usia bawah lima tahun, permainan yang mudah digenggam menjadi lebih menarik. Pilih bentuk squishy yang mudah digenggam dan berukuran kecil sesuai jari anak-anak. Memilih permainan busa yang terlalu besar bisa saja membuat anak balita kesulitan memainkannya. 

5. Memilih jenis busa yang bisa memberikan wawasan luas 

Toh, ada banyak model dan bentuk permainan busa yang dipoles sedemikian rupa seperti es krim, boneka, bunga dan lain-lain. Semakin banyak variasi bentuk busa, semakin banyak pula wawasan anak mengenal berbagai benda baru. Anda hanya perlu mendampingi dan mengenalkan kosakata baru agar anak lebih pandai berbahasa dan berkomunikasi ya! 

Tak ada salahnya mengajak anak bermain peran agar ia bisa lebih baik dalam bersosialisasi. Mengajak teman bermain bersama bisa menjadi solusi agar si kecil aktif dalam pergaulan yang positif. Ia akan belajar menghargai hasil karya teman, mengalah, belajar pinjam dan meminjamkan mainan serta manfaat bermain bersama teman sebaya yang lain. 

Selain tips memilih jenis permainan yang edukatif di atas, Anda juga wajib mempertimbangkan toko penjual mainan. Semakin kredibel toko penjual mainan, Anda bisa mendapatkan jenis squishy yang telah terbukti aman atau berlisensi. Merek juga bisa menjadi pertimbangan utama agar Anda terhindar dari risiko membeli produk mainan squishy yang berbahaya. Yuk, selektif membeli permainan untuk perkembangan si kecil yang optimal ya! 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Memilih Squishy yang Aman untuk Anak"

Posting Komentar